Rabu, 04 Maret 2015

Gaya Hidup Sehat Untuk Penderita Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang umumnya terasa pada satu sisi kepala, terasa berdenyut, dan disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Faktor gaya hidup juga bisa menjadi penyebab terjadinya migrain, Dikarenakan Migrain dan gaya hidup memiliki hubungan yang ereat, sehingga dengan  mengubah gaya hidup, maka dapat menjadikan salah satu terapi mengatasi migrain. Ada beberapa gaya hidup sehat untuk penderita migrain, Diantaranya :
http://pengobatanherbalmigrain96.blogspot.com/2015/03/gaya-hidup-sehat-untuk-penderita-migrain.html
1. Hindari dehidrasi dan usahakan makan dengan diet yang seimbang
Penderita migrain sangat rentan dengan keadaan dehidrasi dan terlambat makan. Kedua hal tersebut dapat memicu serangan migrain. Bawalah botol berisi air dan makanan ringan (misalnya buah apel, biskuit, snack bar).  Makanlah yang teratur dengan komposisi yang seimbang (karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin).

2. Olahraga teratur dengan intensitas yang tepat
Olahraga teratur sangat bermanfaat untukpenderita migrain, terutama jika dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Namun, olahraga dapat menjadi pemicu serangan migrain pada beberapa penderita. Hal ini berkaitan dengan intensitas olahraga yang terlalu berat dan keadaan dehidrasi. Disarankan mulailah dengan olahraga yang berintensitas ringan dan minum yang cukup sebelum dan setelah olahraga.

3. Buatlah jadwal keseharian yang teratur 
Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari dan biasakan diri anda untuk mengikuti jadwal tersebut secara teratur. Serangan migrain cenderung datang jika anda begadang, bangun di jam yang tidak teratur, makan tidak teratur, bahkan mengerjakan tugas secara terburu-buru. Penderita migrain diharapkan tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, jangan tidur terlalu lama atau singkat, makan teratur di jam yang sama. Ketidakteraturan atau “kejutan” dapat memicu terjadinya migrain.

4. Awasi makanan yang anda makan
Dari sekian banyak hal yang dianggap sebagai pemicu migrain, beberapa makanan termasuk di dalamnya. Yang paling sering adalah cokelat, tyramine (yang terkandung dalam daging asap atau keju yang disimpan lama), aspartam dan pemanis buatan lainnya, kafein dan alkohol. Jika salah satu atau lebih makanan tersebut memicu nyeri kepala, hindarilah makanan tersebut.

5. Mengurangi stres
Stres merupakan salah satu pemicu migrain yang sering dikeluhkan oleh penderita. Hal ini terasa sulit mengingat stres tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari manajemen stres, seperti meditasi, relaksasi, terapi perilaku kognitif merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menghadapi stres.

Demikian informasi mengenai gaya hidup sehat untuk penderita migrain, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu. selalu lakukan gaya hidup sehat seperti diatas, agar anda bisa terhindar dari penyakit migrain yang selalu anda alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar